. Penyebab Hp Xiaomi Bootloop dan Cara mengatasinya - IME Android -->

Penyebab Hp Xiaomi Bootloop dan Cara mengatasinya

Konten [Tampil]

Mengatasi Hp Xiaomi Bootloop- Post kali ini masih berkaitan dengan smartphone pastinya,kali ini saya akan membahas penyebab hp xiaomi terhenti di logo .

Biasanya terhenti sampai logo disebabkan oleh perilaku pengguna (secara umum), tetapi lebih spesifik mari kita perdalam lagi supaya kita mampu menghindari dari hal tersebut.

Dengan melakukan modifikasi sistem MIUI atau mengganti ROM pada hp xiaomi dapat mengakibatkan smartphone anda mengalami masalah, untuk itu saya rekomendasikan untuk melakukan.

Apa Penyebab Hp Xiaomi Bootloop serta cara mengatasinya?


Sedikit gambaran tentang jenis masalah stuck logo yang terjadi pada smartphone ,ada  tiga jenis :
  1. Bootloop ringan yaitu kondisi smartphone dapat dinyalakan sampai menu namun tidak lama kemudian restart kembali.
  2. Bootloop Sedang Hp dapat dinyalakan tetapi hanya mampu menampilkan logo saja,tetapi masih bisa masuk CWM.
  3. Bootloop berat ,hp dapat dinyalakan dan masuk ke logo animation tetapi tidak dapat masuk ke CWM.
Baca juga: Mengatasi Hp Xiaomi Cepat panas

Penyebab Xiaomi Bootloop

Penyebab smartphone mengalami Bootloop secara umum hampir sama, dan sudah saya bahas sebelumnya. 


Untuk mengingatkan kembali atau mungkin anda belum baca pada artikel saya yang sebelumnya maka berikut penyebabnya,

1. Modifikasi Sistem.

Dengan melakukan modifikasi sistem hal ini sangat rentan terhadap potensi terjadi Terhenti di Logo. Untuk hp android yang sudah di root biasanya ini bisa dilakukan custom sistem. Artinya jika hp anda belum root, maka kemungkinannya sangat kecil untuk dapat melakukan modifikasi sistem.

2. Salah flashing.

Custom ROM menjadi salah satu penyebab bootloop juga ,custom CWM melakukan flashing custom ROM sebaiknya lakukan dengan hati hati supaya tidak terjadi kesalahan. Pastikan untuk melakukan flashing sebaiknya pastikan Firmware /ROM yang anda akan flash ke smartphone sudah sesuai dengan tipe smartphone yang anda gunakan.

3. Salah mengatur permission pada Hp

Permission adalah hak akses yang dimiliki pada suatu aplikasi dimana agar aplikasi tersebut dapat mengakses beberapa informasi dari ponsel yang kita miliki. 

Perlu kalian ketahui bahwa pada Android terdapat banyak informasi personal semisal lokasi, kontak, dan koleksi foto kita pada galeri. 

Sehingga OS pada Android itu sangat berpengaruh pada permission, jika kita melakukan kesalahan dalam mengatur permission pada sebuah file maka dapat mengakibatkan tidak dapat bekerja dengan baik ( hanya mentok logo) . 

Jadi penulis sarankan berhati-hatilah dan teliti dalam memberikan permission pada suatu file di ponsel Anda. 

4. Overclock dan Kerusakan komponen pada Android.

Merupakan sebuah upaya memaksa ponsel menggunakan seluruh kemampuannya supaya memiliki performanya lebih cepat dari standar.

Tetapi ini cukup beresiko,kerusakan pada komponen karena terlalu sering overheat atau memiliki temperatur panas berlebih sehingga dapat memicu kerusakan komponen

Pada dasarnya ponsel yang berbasis Android sistem kerjanya sama dengan laptop dan PC.

Pabrikan sekelas Apple, Samsung, Sony, dan lainnya menciptakan ponsel berbasis Android dan iOS dengan spesifikasi yang hampir setara dengan laptop maupun PC. Dengan tujuan memberikan kemudahan dan kepraktisan kepada user (penggunanya).

Cara mengatasi Xioami Bootloop

Cara ini berlaku untuk hp xiaomi Bootloop yang sudah UBL dan non UBL, Kondisi stuck logo Xiaomi snapdragon masih terkunci tetapi tenang saja karena masih dapat masuk ke mode fastboot dengan cara :

Tekan tombol power dan Volume down secara bersamaan, hingga masuk kedalam fastboot mode lalu lepaskan.

Perlengkapan
cara mengatasi hp xiaomi bootloop

Untuk beberapa perlengkapan yang harus disiapkan, tetapi sebelumnya pastikan baterai pada hp dalam keadaan minimal 50%.
  1. Pastikan menggunakan kabel data original xiaomi (recommended), pc atau laptop menggunakan OS windows 7 ke atas dengan kondisi menonaktifkan driver signature.
  2. Selanjutnya siapkan MiFlashTools V 20170425,  MiFlash tersebut sudah include dengan driver untuk Windows 32/64 bit, jadi anda  tidak perlu install driver lain lagi.)
  3. Tidak lupa file yang satu ini ROM Fastboot Xiaomi,  untuk download file ini harus sesuai dengan tipe hp xiaomi anda . Kemudian Ganti nama file ROM yang berextensi .tgz/tar menjadi .zip selanjutnya ekstrak &  letakkan di drive C:\ atau pada folder tanpa spasi Xiaomi Official
  4. Download Driver Qualcomm HS-USB QDLoader (EDL : Emergency Download Mode) untuk download pastikan sudah anda sesuaikan dengan jenis komputer anda.  Windows 32 bit atau Windows 64 bit
  5. Kemudian silahkan anda download dan Install " ADB fastboot Installer, berfungsi untuk drivers dan masuk ke fastboot mode otomatis.
  6. Selanjutnya Install Xiaomi Android USB Driver, fungsinya sebagai driver ADB Interface dan Bootloader Interface, perlengkapanya setelah di download semua silahkan dikumpulkan supaya tidak bingung.
Baca Juga: Penyebab dan Cara memperbaiki Xiaomi Tidak Bisa Screenshot

Langkah Memperbaiki xiaomi Bootloop


Saya anggap anda sudah mengumpulkan dan download semua perlengkapan di atas, kemudian bisa anda melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu ekstrak dan install QDLoader HS-USB Driver.


Penyebab hp xiaomi bootloop
Xiaomi

Ikuti proses install di komputer anda hingga selesai.

Kemudian setelah proses install selesai bisa anda lanjutkan ke menjalankan MiFlash Tools.

Caranya buka folder C:\XiaoMi\XiaoMiFlash kemudian klik kanan Run as Administrator pada XiaoMiFlash.exe.lihat tampilanya seperti di bawah..



Hubungkan hp Xiaomi ke laptop menggunakan kabel USB Original.

Matikan smartphone kemudian masuk ke mode fastboot dengan menekan tombol Power + Vol Down secara bersamaan beberapa detik hingga muncul logo fastboot seperti gambar dibawah.


cara mengatasi xiaomi bootloop\
Selanjutnya Buka folder c:\adb, dan tekan tombol SHIFT + Klik Kanan pada bagian kosong, pilih Open command window here, seperti gambar di bawah. 
cara flash xiaomi
Ketik perintah di bawah ini untuk memastikan hp anda terhubung atau tidak. 


fastboot devices
Apabila terdapat angka unik dan huruf beberapa digit, artinya Xiaomi anda berhasil terkoneksi dan berada pada mode fastboot, semoga lanjutnya ketik perintah. 
fastboot oem edl

Kemudian layar ponsel anda akan mati dengan ditandai lampu indikator warna merah berkedip, itu tandanya hp anda masuk ke dalam mode EDL.

Kemudian sebelum ke langkah berikutnya pastikan driver Qualcom HS-USB QDLoader sudah benar-benar berhasil terpasang ditandai dengan tidak adanya tanda seru pada Port (COM & LPT) di Device Manager PC/Laptop anda.

mengatasi Hp xiaomi bootloop

Apabila  Driver HS-USB QDLoader telah terpasang dengan benar, kembali ke MiFlash Tools.
Selanjutnya Klik Refresh,

penyebab bootloop

Maka smartphone Xiaomi akan terdeteksi port COMx, tergantung dari PC/Laptop anda, bisa jadi COM5, COM10, dan sebagainya. 
Kemudian, klik select lalu arahkan ke folder dimana anda menyimpan hasil ekstrak dari fastboot ROM yang telah anda download .
Selanjutnya klik OK, dan di lanjutkan dengan klik Flash seperti gambar di bawah ini. 
cara mengatasi xiaomi bootloop

Tunggu sampai proses flash selesai dengan ditandai dengan status “flash done” seperti gambar di bawah ini. 
xiaomi

Setelah proses flashing selesai maka smartphone xiaomi anda akan melakukan restart secara otomatis, apabila tidak restart silahkan cabut kabel dan coba nyalakan manual.

Biasa Nya proses booting setelah flashing dan membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan biasanya.
Nah selesai sudah artikel saya tentang penyebab hp xiaomi muncul logo dan cara mengatasinya, untuk penyebab stuck logo sendiri memang variatif untuk itu sebaiknya selalu memperhatikan kesehatan smartphone.

Tips menghindari Hp Xiaomi Bootloop. 


  • Tidak menginstall aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya, untuk itu pastikan aplikasi yang anda install berasal dari playstore.
  • Perhatikan kapasitas memori internal, karena sistem membutuhkan ruang free space memori maka usahakan jangan terlalu penuh sehingga smartphone menjadi lambat dan potensi stuck logo.
  • Tidak melakukan root hp anda, potensi terjadi terhenti Bootloop sangat tinggi. Jika anda melakukan root hp android anda untuk pemakaian standar hp menjadi jauh lebih awet dibandingkan hp yang sudah root.
  • Usahakan hp anda tidak dipergunakan secara berlebihan seperti, main game yang membutuhkan grafis dan tenaga besar sehingga smartphone bekerja secara terus menerus dan berat. 
  • Hindari pemakaian hp dalam keadaan sambil mengisi daya.
Sekian artikel kali ini tentang Penyebab Hp Xiaomi Bootloop dan Cara mengatasi., semoga bermanfaat.  
sumber:Folder Tips

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel